Bunda PAUD Kecamatan di Kota Banda Aceh Dibekali Materi Imunisasi

Banda Aceh – Imunisasi merupakan salah satu program pemerintah yang sudah sangat lama berjalan, dan dilakukan di seluruh dunia. Manfaat imunisasi tidak hanya secara langsung dalam kelangsungan hidup dan perkembangan anak dengan melindungi anak dari penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi (PD3I), namun secara tidak langsung merupakan pintu masuk dalam memberikan paket layanan kesehatan anak lainnya serta memperkuat layanan kesehatan primer yang merupakan tanggungjawab bersama.

Untuk meningkatkan cakupan imunisasi di Kota Banda Aceh, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Yayasan Darah Untuk Aceh dan UNICEF mengadakan kegiatan sosiaisasi imunisasi dan my village my home kepada kepala Bunda PAUD di Kota Banda Aceh di Cafe Ivory Jalan Teuku Umar, Seutui (Senin 21/03).

Kepala Dinas Kesehatan Lukman, SKM, M.Kes mengatakan, butuh dukungan dari berbagai pihak guna meningkatkan cakupan imunisasi di Kota Banda Aceh.

“Bunda PAUD atau Ketua PKK kita harap dapat turut serta mendukung peningkatan cakupan imunisasi dasar lengkap (IDL) dan desa UCI (Universal Child Immunization),” ujarnya.

Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) dan desa UCI (Universal Child Immunization di Kota Banda Aceh sangat menurun semenjak ada pandemi COVID-19 ditambah lagi dengan faktor – faktor lain seperti issue halal-haram, dan hoax yang beredar dimasyarakat. Tahun 2019 cakupan IDL di kota Banda Aceh sebesar 59,9 persen,terus menurun menjadi 43,2 persen di tahun 2020 dan tahun 2021 sebesar 40,9 persen. Sedangkan cakupan UCI menurun sangat drastis yaitu tahun 2019 sebesar 24 persen menjadi 1 persen di tahun 2021.

Sementara itu Kabid P2P Dinkes Kota Banda Aceh drg. Supriady R, M.Kes menjelaskan bahwa tools My Village My Home ini merupakan alat sederhana yang dapat dipakai oleh kader Posyandu dan dapat dipantau bersama-sama masyarakat lainnya.

Tools yang disosialisasikan kali ini merupakan uji coba (piloting) pemantauan status imunisasi anak di tingkat Puskesmas dan Posyandu/desa. Diharapkan imunisasi anak juga menjadi perhatian perangkat desa dan tools My Village My Home dapat menjadi acuan bersama untuk meningkatkan cakupan imunisasi.