Dinkes Kota Banda Aceh Terima Kunjungan Tim I-SPHERE Program Kemenkes RI

Banda Aceh –  Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM, M.Kes menerima kunjungan Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Bank Dunia. Kunjungan berlangsung di Aula Ibnu Sina Dinkes Kota Banda Aceh, Rabu (15/6/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka verifikasi terhadap 4 data capaian indikator nasional yaitu, Persalinan di Fasyankes, Kunjungan Neonatal lengkap, TB Success rate, dan Imuninasi Dasar Lengkap.

Ir. Rakhmat Nugroho, MBAT., Ketua Tim Kerja Pengujian dan Kalibrasi Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dalam sambutannya mengungkapkan, saat ini Pemerintah Indonesia sedang melakukan kerjasama dengan Bank Dunia, salah satu pencapaiannya pada Disbursement Linked Indicator (DLI) 9 terkait dengan pelaksanaan Alokasi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Berbasis Kinerja, khususnya BOK Puskesmas yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik Bidang Kesehatan.

“Beberapa hari kedapan kami akan melakukan counter verification di Kota Banda Aceh dan juga beberapa puskesmas dan juga desa disini. Secara penuh nantinya akan dikawal oleh tim I-SPHERE, untuk itu kami mohon peran aktif dari puskesmas dan juga petugas di desa,” ungkapnya.

Tim I-SPHERE diagendakan melakukan kunjungan kerja di Kota Banda Aceh mulai 14 sampai 18 Juni. Satu hari melakukan verifikasi data di Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan dua hari melakukan kunjungan ke Puskesmas dan desa guna melakukan review dan konfirmai data.

Puskesmas yang akan dituju diantaranya Puskesmas Banda Raya, Lampaseh, dan Ulee Kareng, sedangkan untuk desa yang akan dikunjungi yaitu Lam Ara, Mibo, Lampaseh Kota, Merduati, Pango Raya dan Doy.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM, M.Kes menyambut baik kedatangan tim I-SPHERE dan berharap tim dapat memberikan masukan positif terhadap capaian yang belum maksimal di Kota Banda Aceh.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan Bapak/Ibu sekalian dapat memberikan masukan kepada petugas kami di puskesmas, dan juga teman-teman dari bidan desa yang juga pemegang program,” ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut tim dari Dinas Kesehatan Aceh, para Kabid Dinkes Kota Banda Aceh, Pejabat Fungsional terkait, serta Kepala Puskesmas dan juga pemegang program.