Dinkes Kota Banda Aceh Ajak Lintas Sektor Dukung Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga

Banda Aceh – Bertempat di Hotel Grand Permata Hati, Staf Ahli Bidang Keistimewaan Sekdako Banda Aceh, Heru Triwijanarko, S.STP, M.Si membuka Kegiatan Pertemuan Koordinasi Teknis Terintegrasi Lintas Sektor dan Lintas Program dalam Mendukung Capaian Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, Selasa (21/06).

Heru menjelaskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS – PK) merupakan program yang di selenggarakan oleh Kemenkes RI untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berprilaku hidup sehat dalam lingkungan yang  sadar akan pentingnya kesehatan.

“PIS-PK ini juga menjadi salah satu kegiatan prioritas capaian Kota Banda Aceh, tentu hal ini bukan kewajiban Dinas kesehatan saja tapi juga menjadi tanggungjawab kita bersama dalam pelaksanaannya,”ujarnya.

Pertemuan ini diikuti oleh lintas sektor terkait seperti Dinkes Aceh, BAPPEDA Kota, Disdukcapil, DP3AP2KB, Camat, Polsek, dan juga Puskesmas.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM., M.Kes mengatakan, indikator kinerja utama bidang kesehatan yang tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Banda Aceh adalah angka Indeks Keluarga Sehat (IKS) berada di kategori sehat atau 0,80 keatas.

“Ditahun 2022 ini untuk IKS Kota Banda Aceh adalah 0,82, dan masuk dalam kategori sehat,” ungkapnya.

Untuk daerah Aceh, Kota Banda Aceh menjadi satu-satunya Kab/Kot yang memiliki IKS sehat. Dan secara nasional yang 0,29, hasil dari IKS Kota Banda Aceh juga lebih baik.

Lukman berharap, seluruh lintas sektor dan lintas program terkait dapat berperan aktif mendukung program PIS-PK guna meningkatkan derajat kesehatan warga Kota Banda Aceh.