Pemko Banda Aceh Ajak Kepala Sekolah Gencarkan Sosialisasi Germas

Banda Aceh – Puluhan Kepala Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Banda Aceh mengikuti penyuluhan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kyriad Muraya Hotel, Rabu dan Kamis (22-23/06). Penyuluhan Germas ini diselenggarakan bekerja sama dengan Disdikbud dan Kantor Kemenag Kota Banda Aceh. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Banda Aceh, Syukriah, SKM., MKM.

“Salah satu misi Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh adalah meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Germas ini dapat menjadi pedoman guna meningkatkan kualitas masyarakat untuk memulai hidup sehat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Syukriah untuk menyukseskan pelaksanaan Germas, seluruh lapisan masyarakat harus terlibat, lintas sektor, sekolah, organisasi profesi, ormas, hingga forum pemuda. Dengan tujuan agar kesehatan masyarakat dapat terjaga, sehingga produktivitas akan meningkat dan tercipta lingkungan bersih serta biaya yang dikeluarkan untuk berobat akan berkurang.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut hadir sebagai narasumber Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Aceh dr. Sulasmi,MHSM., dan juga Suwarni, SKM., MPH dari Bapelkes Aceh.

Secara umum GERMAS bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Negeri 2 Kota Banda Aceh Dra. Sabithah berharap Pemko Banda Aceh dapat menyediakan sarana penunjang untuk mensosialisasikan Germas ke peserta didik.

“Untuk pelaksanaan kedepan, semoga program Germas ini dapat dimasukkan kedalam kurikulum sekolah. Dan juga mohon untuk dapat disediakan media KIE tentang Germas di setiap perpustakaan, agar mudah diakses oleh para murid,” ungkapnya.