Silaturrahmi ke Dinas Kesehatan, Pj Wali Kota Banda Aceh Sosialisasikan Program Prioritas

Banda Aceh – Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq melakukan kunjungan kerja sekaligus silaturrahmi usai libur Hari Raya Idul Adha 1443 H ke Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Rabu (13/07).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman dan jajaran serta kepala puskesmas menyambut langsung Pj Wali Kota di Aula Ibnu Sina, Dinkes Kota Banda Aceh.

Dalam arahannya, Bakri Siddiq mengatakan ada beberapa program prioritas yang menjadi fokus utamanya.

Program prioritas tersebut diantaranya penguatan syariat islam, pelayanan publik, penanggulangan masalah stunting dan juga percepatan capaian vaksin booster.

“Untuk vaksin booster saya menerima arahan langsung dari Menteri Dalam Negeri dan juga Sekda Aceh sesaat sebelum proses pelantikan,” ungkapnya.

Untuk capaian vaksinasi dosis 1 dan 2 di Kota Banda Aceh dinilainya sudah cukup baik, tapi untuk vaksin booster capaiannya masih sangat rendah. Untuk itu perlu dilakukan penyuluhan kepada masyarakat terkait pentingnya vaksin booster guna meningkatkan kadar antibodi tubuh dalam melawan Covid-19.

Sementara itu untuk masalah stunting di Kota Banda Aceh, Bakri mengatakan perlu melibatkan instansi terkait untuk penyelesaian stunting yang lebih komperhensif.

Pada kesempatan yang sama Kadinkes Lukman menjelaskan capaian vaksinasi di Kota Banda Aceh per tanggal 12 Juli 2022 untuk dosis 1 sebesar 126,33 persen, dosis 2 yaitu 95,20 persen dan booster sebesar 24,59 persen.

“Di lapangan petugas kita mendapati berbagai hambatan guna memaksimalkan capaian vaksinasi, seperti persepsi masyarakat yang menilai kasus Covid-19 sudah berkurang, dan juga keraguan masyarakat terhadap vaksin itu sendiri,” ujarnya.

Kurangnya juru imunisasi karena saat ini bersamaan dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dan juga belum menyeluruhnya sosialisasi regulasi tentang vaksin booster juga menjadi hambatan dalam pelaksanaan vaksinasi di Kota Banda Aceh.

“Ke depan kita akan membuat himbauan kepada masyarakat umum untuk dapat segera melakukan vaksinasi booster dan juga menyediakan sentra pelayanan vaksinasi di Balai Kota,” ungkap Lukman.