Dinkes Kota Banda Aceh Gelar Workshop Strategi Komunikasi Berbasis HCD Untuk Tingkatkan Cakupan Imunisasi.

Banda Aceh – Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melalui Pengelola Program  Promosi Kesehatan Nana Mirzana, SKM.,M.Si dan Pengelola Program Imunisasi dan Surveilans Mawardi, Amd.Kep., bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI mengadakan Workshop Strategi Komunikasi Berbasis HCD (Human Centered Design) untuk meningkatkan cakupan Imunisasi bagi petugas Puskesmas dan Mitra Potensial di Kota Banda Aceh bertempat di Hotel Hanifi jln Gabus, Lamprit, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, 27 Sept – 1 Okt.

Workshop Strategi Komunikasi Berbasis HCD (Human Centered Design) ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga Kesehatan terkait pendekatan HCD dalam rangka mendorong masyarakat yang memiliki bayi dan balita untuk ikut serta melakukan imunisasi rutin. Pendekatan HCD dimulai dari proses perencanaan yang berfokus pada motivasi kelompok sasaran untuk mengikuti kegiatan imunisasi. Pendekatan HCD juga mampu melihat hambatan dan mendapatkan masukan dari kelompok sasaran terkait ide/solusi yang diciptakan. Selain itu, proses ‘penyelidikan cepat’ dalam modul HCD berguna untuk memahami pengaruh kelompok sasaran sekaligus berfokus pada proses pembuatan ide kreatif untuk menghasilkan solusi yang tepat sehingga kelompok sasaran mau mengikuti kegiatan imunisasi. Pendekatan HCD ini tentunya sangat bermanfaat dalam meningkatkan pelayanan imunisasi di Indonesia.

Kegiatan Workshop ini diikuti oleh Pengelola Promkes dan Pengelola Imunisasi  Puskesmas Kuta Alam, Puskesmas Meuraxa, Puskesmas Jaya Baru, Ketua PKK, Kader Posyandu, dan Tokoh Masyarakat/LSM. Hasil yang diharapkan dari Woprkshop ini adalah peserta dapat mempraktekkan dan menerapkan metode HCD, serta terbangunnya kapasitas lokal di tingkat kabupaten/kota untuk peningkatan cakupan imunisasi