Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Gelar Pertemuan Validasi data stunting dalam upaya penurunan angka stunting di Kota Banda Aceh

Banda Aceh-Dinas Kesehatan melalui seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, kamis 12 Oktober 2022 melaksanakan kegiatan pertemuan validasi data stunting bersama Kepala Puskesmas, Bidan Koordinator dan Bidan Desa. Kegiatan yang  dilaksanakan dihotel grand Arabia ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman, SKM., M.Kes.

Pada pertemuan tersebut Kadinkes menyampaikan kepada seluruh peserta untuk gerak cepat melakukan aksi perbaikan data aplikasi EPPBGM agar data yang di input kedalam aplikasi tersebut lebih valid dan lebih akurat. Kadinkes berharap semua data balita yang ada dikota Banda Aceh dapat terdata secara keseluruhan dan terinput ke aplikasi.

Selama ini data yang diinput ke aplikasi EPPBGM adalah data yang diperoleh dari kader posyandu berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan di posyandu dan sweeping yang dilakukan kerumah-rumah balita.

“Saya ingin semua balita yang ada dikota Banda Aceh ini terpantau dengan baik tumbuh kembangnya, sehingga kita dapat segera mengatasi permasalahan stunting ini”,ujarbeliau

Kadinkes sangat berharap adanya dukungan penuh dari aparatur gampong terutama kecik dalam meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya ibu balita untuk berkunjung keposyandu melakukan pemantauan tumbuh kembang anak, sehingga bisa terdeteksi lebih cepat jika ada balita stunting di gampong.

Melalui posyandu, pemerintah berupaya untuk menyediakan layanan yang dibutuhkan masyarakat, seperti perbaikan gizi dan kesehatan, pendidikan dan perkembangan anak hingga ketahanan pangan. Untuk itu, sudah seharusnya masyarakat lebih memanfaatkan posyandu.