Dinkes Kota Banda Aceh Lakukan Sosialisasi Aplikasi E-Kohort Bagi Nakes 11 Puskesmas

Banda Aceh-Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melalui seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Menyelanggarakan Kegiatan Sosialisasi Orientasi Aplikasi E-Kohort dan MPDN dalam rangka penurunan AKI (angka kematian ibu) dan AKB (angka Kematian Bayi) Bagi Tenaga Kesehatan di Kota Banda Aceh di Hotel Grand Arabia Jl. Prof A. Majid Ibrahim II No. 3, Kamis (13/10).

Kegiatan Orientasi Aplikasi E-Kohort dan MPDN ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Nita Adlina, S.ST.,M.SiĀ  yang dihadiri oleh 11 Kepala Puskesmas Kota Banda Aceh, 18 Bidan Desa, dan 11 bidan koordinator dari 11 Puskesmas Kota Banda Aceh.

Aplikasi e-Kohort adalah aplikasi berbasis web dan mobile yang memiliki fungsi untuk pencatatan pelayanan kesehatan ibu, bayi, dan balita yang menghasilkan kohort untuk keperluan pemantauan kesehatan ibu, bayi dan balita tersebut. Aplikasi e-Kohort merupakan digitalisasi pelayanan kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Wujudnya adalah kohort KIA elektronik yang mencakup data pelayanan kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, neonataus (bayi baru lahir), bayi dan balita (anak dibawah lima tahun).

Kohort KIA ini merupakan basis data yang sangat penting karena berisi informasi lengkap terkait data dasar,catatan hasil pemeriksaan dan pelayanan kesehatan yang diberikan dari fase kehamilan ibu sampai anak mencapai usia lima tahun. Merupakan sebuah tantangan dalam penyesuaian bagi seluruh tenaga kesehatan dari yang awalnya menggunakan kohort manual ke elektronik-Kohort sehingga dapat meningkat kuantitas dan kualitas data Program Kesehatan Ibu dan anak di Kota Banda Aceh.