Optimalkan Peran Kader Posyandu, Dinkes Kota Banda Aceh Gelar Pelatihan Antropometri Balita

Banda Aceh – Posyandu adalah kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat berupa pemberdayaan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan oleh masyarakat untuk masyarakat. Peranan Posyandu saat ini sangat penting sekali terutama dalam pencegahan dan penanggulangan stunting. Kegiatan di Posyandu Pada dasarnya dilaksanakan oleh kader. Secara teknis tugas kader yang terkait dengan pembangunan kesehatan masyarakat antara lain pendataan balita, melakukan pengukuran antropometri yang salah satunya adalah melakukan penimbangan dan dicatat dalam Kartu Menuju Sehat (KMS), melakukan konseling gizi, menyediakan PMT, serta melakukan pencatatan dan pelaporan yang selanjutnya akan diberikan pada petugas kesehatan di Puskesmas.

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melalui Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi menggelar kegiatan pelatihan kader Posyandu dalam mengukur Antropometri  balita yang berlangsung di Aula Ibnu Sina Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Senin (14/11). Kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Nita Adlina, S.ST.,M.Si, didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Syukriah, SKM., MKM dan Kasi Kesehatan Keluarga Lailia Juniarti, SKM.

Nita Adlina selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kegiatan pelatihan kader Posyandu ini dilaksanakan dengan tujuan dikemudian hari setelah dilakukan pelatihan, kader posyandu diharapkan dapat lebih terampil dalam melakukan pengukuran antropometri dan interpretasi status gizi dan menambah pengetahuan mereka dalam melaksanakan tugasnya sebagai kader posyandu.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri sebanyak 95  orang kader yang mengikuti kegiatan dengan tertib dan aktif. Sebagian besar peserta menyampaikan kesan yang baik dan memberi saran agar melakukan kegiatan pelatihan lagi dengan tema yang berbeda agar kader posyandu semakin terampil dan memiliki wawasan luas sehingga lebih baik dalam melakukan tugasnya sebagai kader posyandu.