Puluhan Orang Jalani Tes Swab Covid-19 di Terminal L300 Lueng Bata Banda Aceh, Dari Supir Bus Hingga Tenaga Medis RSUD Meuraxa

Puluhan supir minibus jenis L300 di Kota Banda Aceh menjalani tes swab yang berlangsung di terminal L300 Lueng Bata, Kamis (18/6/2020). Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, khususnya dikalangan supir L300.

Mereka secara bergiliran menjalani tes swab yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bekerja sama dengan Laboratorium Infeksi Unsyiah. Tidak hanya supir L300, dalam tes swab tersebut ikut serta polisi, perwakilan dari kantor camat, dan tenaga medis RSUD Meuraxa yang mengikuti tes swab susulan. Semuanya diambil spesimen lendirnya untuk dilakukan pemeriksaan.

Fasilitator kegiatan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banda Aceh melaui Kepala Dinas Drs. Muzakkir Tulot, Msi mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan secara gratis tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para sopir yang mayoritas melakukan perjalanan jauh antar Kabupaten/Kota di Aceh bahkan sampai memasuki wilayah Sumatera Utara yang dikategorikan daerah zona merah Covid-19.

Sementara itu ditempat yang sama Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banda Aceh, dr. Media Yulizar, MPH mengatakan seluruh sampel akan dibawa ke laboratorium, dan untuk hasil pemeriksaan baru diketahui Sabtu (20/06/2020).

“Normalnya pemeriksaan spesimen berlangsung sekitar 12 jam. Tapi, karena sampel yang diperiksa banyak, maka untuk hasil pemeriksaan keseluruhan hari ini akan diketahui lusa atau Sabtu.”Ujar dr. Media.

Setelah kegiatan tes swab tersebut, tim dari Dishub langsung melakukan penyemprotan desinfektan disekitar lokasi kegiatan. Hal ini bertujuan untuk untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh supir dan penumpang yang akan berangkat dan tiba di terminal L300 Lueng Bata Banda Aceh.