Kunjungi Puskesmas Meuraxa, Kandinkes Kota Banda Aceh Apresiasi Kebersihan dan Kerapihan Dalam Gedung Puskesmas

Didampingi Plt. Sekretaris, Kabid Yankes, Kabid Kesmas, Kabid P2P, dan beberapa pejabat struktural di Dinkes Kota Banda Aceh, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Banda Aceh Lukman, SKM.,M.Kes., mengunjungi Puskesmas Meuraxa pada Senin (20/07/2020). Kunjungan ini dalam rangka silaturrahmi lanjutan ke semua Puskesmas yang ada di wilayah kerja Kota Banda Aceh.

Kadinkes Lukman memulai kunjungan dengan apel bersama pegawai Puskesmas dan dilanjuti dengan berkeliling ke setiap ruang pelayanan yang ada di Puskesmas Meuraxa. Dalam kunjungan tersebut, Lukman mengapresiasi kebersihan dan kerapihan yang ditemuinya.

“Saat saya memasuki beberapa ruangan saya sampaikan (kepada tim) tidak perlu masuk lagi, dari 5 sampel yang kita kunjungi semuanya bersih, rapi, dan tertata administrasinya”, ungkap Lukman.

Dalam kesempatan yang sama Kadinkes juga mengharapkan Puskesmas Meuraxa dapat menjadi Puskesmas percontohan bagi Puskesmas lain di Kota Banda Aceh.

“Jika sudah tepat Puskesmas ini dapat menjadi Puskesmas percontohan, nanti Puskesmas lain dapat melakukan kaji banding kesini. Tingkat kepuasan pasien juga sudah sangat bagus, diatas 80 %”, sambungnya.

Sementara itu drg. Lia Silvianty Nasty, Kepala Puskesmas Meuraxa saat ditanya tentang kendala yang dihadapi saat ini mengungkapkan kekurangan sumber daya manusia kesehatan (SDMK) masih menjadi persoalan utama.

“Kami masih kekurangan SDM (sumber daya manusia) pak”, ujarnya

drg. Lia mengatakan di Puskesmasnya masih kekurangan tenaga sopir, tenaga khusus administrator kantor, dan apoteker. Saat ini posisi tersebut diberdayakan dari tenaga yang ada seperti perawat, perawat gigi, dan tenaga teknis kefarmasian.