Sebanyak 1.532 Nakes di Kota Banda Aceh Sudah Disuntik Vaksin Moderna

Banda Aceh – Sejak sepekan lalu, Pemerintah Kota Banda Aceh telah melakukan vaksinasi dosis ketiga kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang tersebar di berbagai puskesmas, rumah sakit, dan Dinas Kesehatan. Vaksinasi kali ini menggunakan jenis moderna yang berfungsi sebagai immune booster.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM., M.Kes mengatakan Banda Aceh mendapatkan distribusi 4.760 dosis vaksin jenis moderna sejak dua pekan lalu. Sejak itu pula, vaksinasi kepada para nakes dilakukan secara bertahap.

Hingga Jum’at (20/08/2021) capaian vaksinasi dosis ketiga di Kota Banda Aceh adalah 24,2 persen, atau sebanyak 1.532 nakes.

“Kita melakukan vaksin secara bertahap, karena mempertimbangkan efek samping yang dirasakan oleh para nakes, mulai dari panas demam, tangan kaku dan juga ada yang pusing. Apabila vaksin dilakukan secara serentak, bisa jadi semua nakes tidak bisa bekerja. Makanya kita melakukannya secara bertahap,” ujarnya.

Sebagaimana prasyarat vaksinasi dosis kedua, pada vaksin dosis ketiga juga sama. Tenaga kesehatan yang hendak divaksin terlebih dahulu harus mengikuti proses skrining adminitrasi dan deteksi awal penyakit.

Lukman menjelaskan bahwa Pemko Banda Aceh menargetkan pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan dapat rampung pada bulan Agustus.

“Kita upayakan Agustus selesai, tetapi dilapangan ada nakes yang ditunda karena kurang sehat saat di skrining, dan ada juga yang penyintas. Untuk penyintas harus menunggu 3 bulan dulu,” ungkapnya.