Vaksinasi dan Bansos Untuk Indonesia Tangguh di Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Untuk mencapai kekebalan tubuh bagi masyarakat, vaksinasi terus dimasifkan. Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-76 RI dan juga momentum 27 tahun pengabdian Alumni Akpol tahun 1994, Batalyon Tunggal Panaluan menggelar vaksinasi massal dan memberikan bansos kepada masyarakat, Rabu (25/08/2021).

Acara bertajuk Akpol 1994 Peduli tersebut digelar di Taman Seni dan Budaya Aceh serta dihadiri perwakilan dari Alumni Akpol Tahun 1994 yaitu Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto, SIK, Dirresnarkoba Polda Aceh, Kombes Pol Ade Sapari, SIK, MH dan Dirpolairud Polda Aceh, Kombes Pol. Wawan Setiawan, SH., SIK.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, SE., MM, Pangdam Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Achmad Marzuki, Dandim 0101/BS Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Darwis, SKM., M.Kes.

Kapolresta Banda Aceh, mengatakan kegiatan ini secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto, SIK

“Kegiatan vaksinasi dan pemberian bantuan sosial ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka 27 tahun pengabdian Akpol 1994,” kata Kapolresta.

Kapolreta menambahkan, untuk Banda Aceh sendiri akan disalurkan bansos sebanyak 1.000 paket oleh Alumni Akpol 1994, Polda Aceh dan juga Kodam Iskandar Muda yang terdiri dari paket bansos dan voucher belanja di Alfamart senilai 100.000 selama tiga hari pelaksanaan vaksinasi (25-27/8/2021).

Sementara itu Sekretaris Dinkes Kota Banda Aceh Darwis mengungkapkan, kesadaran masyarakat Kota Banda Aceh untuk divaksin semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan capaian vaksinasi di Kota Banda Aceh.

“Alhamdulillah untuk capaian vaksinasi dosis satu sudah lebih dari 50 persen, hal ini lebih baik dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Aceh,” ungkapnya.

Darwis menambahkan saat ini Forkopimda Banda Aceh terus berupaya menekan penyebaran Covid-19.

“Untuk Dinas Kesehatan, kita bekerjasama dengan puskesmas dan juga Diskominfotik terus melakukan penyuluhan keliling dan sosialisasi tentang bahaya dan juga upaya untuk mecegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sampai dengan Selasa (24/08/2021), dari target vaksinasi Kota Banda Aceh 190.289 penduduk, sebanyak 98.084 orang telah divaksin dosis pertama atau 51,5 persen, 57.856 telah divaksin dosis kedua atau 30,4 persen. Dan untuk vaksin dosis ketiga, sebanyak 1.685 atau 26,6 persen nakes di Kota Banda Aceh sudah mendapatkan vaksin jenis Moderna.