Tingkatkan Kompetensi PKP dan DFI, Dinkes Kota Banda Aceh Gelar Bimbingan Teknis

Banda Aceh — Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan bimbingan teknis tenaga Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) dan pelatihan District Food Inspector (DFI) berbasis kompetensi tahun 2021, bertempat di Arabia Hotel, Peunayong, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, pada Senin (06/12/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi petugas PKP Kota Banda Aceh untuk melaksanakan pengawasan pangan industri rumah tangga maupun industri pangan siap saji.

Dian Aryanti, SKM, Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh mengatakan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi petugas dalam rangka peningkatan pengawasan pangan, baik produksi maupun pendistribusian serta upaya pembinaan dan advokasi kepada petugas di lapangan.

“Kegiatan ini kita laksanakan guna menghasilkan tenaga penyuluh pangan yang berkompetensi dan terstandar, dan juga tenaga pengawas sarana IRTP yang bersertifikat kompetensi,” ungkapnya.

Dengan adanya pengawasan yang baik serta dilakukan secara terus menerus dapat menciptakan makanan sehat dan bermutu sehingga makanan yang dikonsumsi masyarakat Kota Banda Aceh bebas dari bahan berbahaya.

Acara ini diselenggarakan tiga hari dari tanggal 6 sampai dengan 8 Desember 2021, dengan menghadirkan narasumber dari BBPOM Aceh dan CV. Eldwin Cipta Kompetensi. Dalam acara ini nantinya para peserta akan mendapatkan sertifikat berlabel SNI melalui ujian kompetensi.

Kegiatan pelatihan ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari 20 orang tenaga DFI dan 10 orang tenaga PKP dari puskesmas, Dinkes, dan DPMPTSP Kota Banda Aceh.