Calon Jamaah Haji Kota Banda Aceh Ikut Pengukuran Kebugaran

Banda Aceh – Sebanyak 320 calon jamaah haji Kota Banda Aceh pemberangkatan tahun 2022 mengikuti kegiatan pengukuran kebugaran dengan menggunakan metode rockport yang dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu – Minggu, 26-27 Maret 2022 di Gedung Politeknik Aceh.

Rockport merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menilai kesanggupan kardiovaskuler saat beraktivitas fisik dengan mengestimasi kapasitas aerobik, karena kebugaran merupakan elemen mendasar dalam merumuskan ketahanan dan kekuatan fisik serta salah satu faktor yang menentukan derajat kesehatan serta dapat meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan otot.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman,SKM.,M.Kes melalui Kasi Kesehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja Teuku Meurah Azhari, SKM., M.T mengatakan rockport dilakukan untuk mengetahui sejauh mana daya tahan atau kebugaran para calon jamaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.

“Kita berharap para calon jamaah haji yang akan berangkat pada tahun ini dapat menjalankan ibadahnya dengan khusyuk dan tanpa kendala, sehingga mereka dapat kembali ke tanah air dengan sehat,” ujarnya.

Tes kebugaran diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis. Kondisi fisik setiap calon jamaah haji dicek, seperti tekanan darah dan wawancara mengenai riwayat kesehatan disesuaikan dengan buku kesehatan hasil pemeriksaan kesehatan di Puskesmas.

Peserta kemudian diminta berjalan secepat mungkin (sesuai kesanggupan) sejauh 1,6 km, lalu dihitung waktu tempuhnya dan denyut nadinya dalam satu menit.