Peringati HKGN 2022, Siswa SD Di Kota Banda Aceh Serentak Sikat Gigi Bersama

Banda Aceh –  Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) 2022, ribuan siswa SD di Kota Banda Aceh melakukan aksi sikat gigi massal, Senin (12/9/2022). Kegiatan tersebut dilakukan di 12 sekolah dasar (SD) di Kota Banda Aceh. Kegiatan ini dilaksanakan berkerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) serta dibantu oleh 11 Puskesmas di Banda Aceh.

Acara yang mengusung tema Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia ini terbilang istimewa pasalnya menjadi kegiatan di luar ruangan pertama yang dilakukan serentak oleh PDGI di seluruh Indonesia setelah sempat vakum karena pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan bisa memahami pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rajin menggosok gigi,” ujar Ketua PDGI Kota Banda Aceh drg. Rafinus Arifin disela-sela kegiatan sikat gigi bersama yang digelar di SDN 54 Kota Banda Aceh.

Ia berharap momentum ini bisa menjadi kampanye dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak sekaligus dapat bersinergi dengan gerakan GISA (Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh).

Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu faktor tumbuh kembang anak yang harus diperhatikan, oleh karenanya drg. Rafinus berharap kedepan program HKGN dapat dimasukkan dalam renstra pemerintah Kota Banda Aceh.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asisten II Setda Kota Banda Aceh, Jalaluddin, ST, MT., Kepala Dinas Kesehatan Lukman, SKM, M.Kes, Kadisdikbud, Camat Syiah Kuala, Kapolsek, Dekan FKG Unsyiah, dan 60 orang dokter gigi.